Sabtu, 20 Februari 2016

9 Cara Menjadi Desainer Grafis yang baik (Belajar Desain grafis

Ingin skill Desain grafis kamu meningkat? Mari belajar dasar – dasar desain grafis yang akan membuat karya desain kamu menjadi jauh lebih bagus.

1. Gunakan Grid
Gunakan grid ketika sedang mendesain layout sebuah artikel. Coba kamu lihat layout paragraf-paragraf di majalah atau koran, semuanya memakai grid, sehingga artikel menjadi rapi dan mudah dibaca, dan terlihat lebih bagus.


2. Warna
Jangan pakai lebih dari 5 warna untuk sebuah page layout. Warna dapat digunakan untuk meng-highlight poin-poin penting.


3. Font
Gunakan font yang dapat dibaca dengan baik oleh pembaca. Font yang dipakai harus cocok dengan topik yang ingin dikomunikasikan.
Gunakan font yang serius untuk desain formal, gunakan font yang fun untuk desain komik untuk anak – anak.


4. Layout / Hierarchy
Arahkan mata pembaca dari area yang paling penting ke area lainnya yang kurang penting. Contohnya Judul dari artikel harus menjadi area yang paling mencolok, kemudian sub-judul berada di urutan kedua, gambar di urutan ketiga, dan artikel di urutan terakhir. Gunakan ukuran font yang sangat besar untuk judul artikel, ukuran sedang untuk sub judul. Ukuran font yang digunakan untuk artikel haruslah jauh lebih kecil, ukuran yang biasa digunakan adalah 9-11 point.



5. Highlight
Highlight hanya bagian yang sangat penting untuk menarik perhatian pembaca. Contohnya : highlight “Kupon ice cream gratis untuk 50 pelanggan pertama”

6. Negative space
Sisakan cukup ruang kosong untuk desain kamu. Terlalu banyak desain dan text membuat layout desain kamu menjadi terlalu bising atau kacau sehingga pesan yang kamu sampaikan menjadi kurang efektif.

7. Illustrasi / sketsa
Style Illustrasi harus cocok dengan topik & style desain secara keseluruhan. Gunakan illustrasi hanya untuk mensuplemen artikel.

8. Icon
Icon haruslah simpel,  gampang dimengerti, dan universal. Icon digunakan agar orang mengerti pesan atau hal yang di wakili, bukan untuk mengalihkan perhatian pembaca.

9. Simpel itu indah (less is more)
hindari menggunakan grafik 3d ataupun ornamen-ornamen yang tidak ada hubungannya dengan topik. Dosen saya pernah bilang K.I.S.S ( Keep it Simple , Stupid!)

Dan lastly, practice makes perfect! Jangan berhenti belajar untuk meningkatkan skill desain kamu. Lihatlah karya desain desainer-desainer lain sebagai inspirasi. Lihat website-website seperti Behance, Abduzeedo dimana para desainer hebat mengupload karya-karya mereka.

0 komentar:

Posting Komentar